Thursday, December 9, 2010

Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Di Layar Komputer

Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Di Layar Komputer - Bagi kamu pecinta internet pasti kamu tidak bisa jauh-jauh dari layar komputer atau juga layar handphone, karena keasyikan dalam berinternet, kita banyak menghabiskan waktu berjam-jam untuk menatap layar komputer. Nah, disini yang paling dirugikan adalah Mata kita, benar bukan ?

Agar tetap bisa berlama-lama di layar elektonik dan juga menjaga kesehatan mata kita, ada baiknya kamu membaca tips agar mata tetap sehat dan terhindar dari digital eye berikut ini.


Tips Menjaga Kesehatan Mata Selama Di Layar Komputer1. Seringlah berkedip, tarik napas pan­jang, dan istirahatkan mata.

Saat mata menatap layar komputer atau layar ponsel, kamu berkedip 2-3 kali lebih jarang ketimbang dalam situasi normal. Ini bisa menyebabkan mata mengalami dry eye alias kekeringan mata. Hati-hati, kondisi ini berpotensi menyebabkan mata mengalami kerusakan permanen. Jadi, sering-seringlah berkedip, sesekali tarik napas panjang untuk ’melepas’ kon­sentrasi mata dari layar dan sesekali pula alihkan pandangan ke obyek di luar layar ponsel/komputer/TV.

2. Gunakan rumus 20/20/20.

Setiap 20 menit, alihkan pandangan ke obyek ber­jarak setidaknya 20 kaki (sekitar 6 meter) dari mata selama 20 detik.

3. Atur Pencahayaan pada layar

Tekanan terhadap mata acap ter­jadi akibat kondisi pencahayaan. Kondisi yang menyilaukan, atau kurang cahaya bisa merusak mata. Jadi, sesuai­kan pencahayaan di ruang tempat melakukan kontak dengan layar ponsel/ komputer/TV.

4. Konsultasi dengan dokter mata.

Dok­ter akan tahu apakah mata Kamu punya cu­kup ’kekuatan’ untuk berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/televisi dalam tem­po relatif lama. Jika mata tak cukup kuat, dokter mungkin menyarankan menggunakan lensa kontak atau kaca­mata setiap kali berinteraksi dengan layar ponsel/komputer/TV, guna mengurangi tekanan terhadap mata dan menghindari kerusakan mata permanen.

5. Lakukan Pemeriksaan Mata

Lakukan pemeriksaan berkala untuk memonitor efek kontak mata dengan layar ponsel/komputer/TV terhadap tingkat ke­sehatan mata dari tahun ke tahun.


Tips menjaga kesehatan mata selama berinteraksi dengan layar komputer di atas , semoga bermanfaat.


Baca juga : Tips Pengusir Jenuh dan Stres Dalam Bekerja

No comments:

Post a Comment