Thursday, December 30, 2010

Cara Mudah Membangun Jaringan Bisnis atau Networking

Membangun Networking - Apa itu networking ? Maksud networking di sini adalah link atau jaringan tentang bagaimana anda sebagai wirausahawan memperoleh kawan baik dalam berbisnis. Lalu, apakah seorang yang merasa kuper bisa meluaskan networking ? Bagaimana ia bersosialisasi ? Berikut Blog Info sajikan beberapa pendapat dan tips seputar membangun networking.

Membangun Jaringan atau Networking

Untuk mendapatkan kesuksesan dalam segala hal, termasuk berwirausaha, maka yang anda butuhkan adalah membangun jaringan bisnis atau networking. Membangun networking bukanlah sekedar keterampilan yang harus di miliki oleh divisi marketing, namun lebih dari itu, Anda sebagai wirausahawan mutlak memilikinya. Membangun networking berarti adalah Anda membangun sebuah hubungan baik dengan seseorang, baik itu eksternal maupun internal dalam usaha Anda.

Lantas apa yang harus di lakukan agar berhasil ?

Nomor telepon atau kartu nama

Memiliki kartu nama dan catat kontak orang-orang atau perusahaan dari berbagai bidang, khususnya yang berkenan dengan bisnis Anda . Siapa yang tahu kalau mereka akan menjadi partner bahkan klien Anda. Ketika anda sudah mendapatkan kontak, jalinlah silaturahim yang baik dan berkelanjutan.

Ikuti Seminar

Manfaatkan berbagai kegiatan yang mellibatkan orang-orang bisnis, seperti seminar atau training. Dengan menghadiri dan turut serta di dalamnya, anda bisa mengenal dunia bisnis sekaligus berinteraksi dengan pembicara, wirausahawan atau para pelaku bisnis lainnya.

Impresi

Ketika anda menemui orang baru, berikan impresi yang baik dan hangat. Karena kesan pertama yang anda tunjukkan akan sangat berpengaruh dalam komunikasi berikutnya. Pakaian adalah salah satu yang harus anda perhatikan. Siapa yang tidak suka melihat lawan bicara berpakaian rapid an sopan.

Keajaiban kata-kata

Kata-kata yang keluar dari mulut Anda wajib di perhatikan, karena itu adalah bagian dari impresi juga. Selain kata-kata yang sopan dan lugas, penggunaan kata-kata pujian yang tidak berlebihan juga sepertinya pantas di sisipkan. Cobalah, ucapkan kata-kata “ wow “ atau “ wah “ ketika lawan bicara anda menyampaikan hal-hal yang menunjukkan prestasi.

Promosikan

Jangan lupa promosikan bisnis Anda. Kemudahan akses teknologi dan internet kini dapat dengan mudah di nikmati banyak orang. Manfaatkan hal tersebut dengan mempromosikan bisnis Anda melalui internet, seperti Facebook, Twitter, Kaskus, arena jual beli dan milis.



Inti dari semua itu adalah “ Bagaimana Anda berkomunikasi “. Komunikasi dengan cara yang baik dan cantik akan membuat anda mudah di kenal dan di ingat. Jika selama ini mengalami kesulitan berbicara dengan orang lain, anda bisa melatihnya sendiri atau dengan mengajak bicara keluarga mengenai hal ini. Sekarang bukan waktunya untuk minder atau ngak pe-de. Semua hal tidak akan berjalan sesuai rencana jika Anda tidak melakukan sesuatu hal, Action !



Baca Juga : Cara Tepat Mendirikan Usaha Sendiri

No comments:

Post a Comment