Tuesday, December 14, 2010

Tips Agar Tetap Fit Saat Musim Hujan

Tips Agar Tetap Fit Saat Musim HujanTips Agar Tetap Fit Saat Musim Hujan - Akhir-akhir ini cuaca memang sukar di prediksi. Paduan antara hujan, angin dan panas menyengat kadang-kadang bisa berlangsung dalam satu hari sekaligus. Tidak heran jika banyak di antara kita yang kemudian menjadi sakit karena tubuh didera suhu dan cuaca yang terus berubah. Lantas apa yang harus kita lakukan ?

Penyakit-penyakit tersebut dapat di bedakan menjadi dua jenis .

1.Penyakit yang di sebabkan virus

Seperti flu, demam berdarah, diare dan muntah.

2.Penyakit yang di sebabkan bakteri dan parasit.

Penyakit ini terutama terjangkit di daerah yang airnya meluap. Hal ini menyebabkan bakteri dan parasit dari septic tank atau kotoran hewan terangkat dan ikut hanyut . bakteri itu kemudian mengontaminasi air dan bahan makanan seperti sayur serta menginfeksi manusia, serta menyebabkan penyakit diare, disentri, dan cacingan.

3. Penyakit yang di sebabkan jamur.

Kelembaban bisa terjadi pada pakaian yang tidak di keringkan dengan baik. Hal ini menyebabkan jamur kulit seperti di selakangan, sela jari kaki, atau lipatan payudara.

Jangan sepelekan FluJangan sepelekan Flu

Flu seringkali datang satu paket dengan batuk, demam, dan radang tenggorokkan. Menjaga pola makan da asumsi gizi serta nutrisi adalah mutlak di perlukan. Konsumsi makanan seperti sayur dan buah yang segar. Kita pun disarankan untuk memakan pisang karena kandungan Vitamin C yang relative tinggi di bandingkan buah lainnya. Maka sangat di sarankan untuk mengkomsumsi buah tiap hari.

Mencuci tangan adalah satu bentuk pencegahan yang juga bisa kamu terapkan.

Karena seperti kita ketahui, tangan ita memegang berbagai benda yang mengandung bakteri . Memcuci tangan dengan sabun mampu membunuh kuman dan mengurangi resiko terkena penyakit Flu. Jika belum sempat untukmencuci tangan jangan menyentuh wajah dengan tangan, karena virus seprti itu dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, hidung dan mulut.

Perbanyak Minum air putih .

Air merfungsi melarutkan racun-racun dalam tubuh. Misalnya orang dewasa memerlukan delapan gelas air putih tiap hari dan itu minimal. Kurangi yang manis-manis, karena 30 menit setelah mengkonsumsi kekebalan tubuh kita akan menurun.

Perbanyak olahraga.

Olahraga yang rutin dan teratur memperkecil resiko terkena penyakit. Dengan olahraga, maka keringat akan keluar, sehingga mengeluarkan racun atau toksin di dalam tubuh kita.


Demam Berdarah dan Diare

Hujan datang, nyamuk pun berpeluang besar untuk datang dan berkembang biak. Lakukan pencegahan dengan pembersihan rumah secara teratur dan berkala, hindari tumpukan barang yang tidak perlu, kuras bak kamar mandi, buang sampah segera keluar rumah, bersihkan selokan, dan gunakan lotion anti nyamuk jika perlu.
Jika keluar rumah, gunakan alas kaki. Parasit dan virus juga bisa dengan mudah masuk melalui kaki kita yang berganti kulit dan terbuka, walaupun itu sangat kecil. Hindari juga membeli makanan dan minuman disembarang tempat, karena lalat yang hinggap dengan kotorannya atau virus terbawa angin.

Hal-hal di atas adalah beberapa cara yang blog info bisa sajikan untuk kamu. Mencegah lebih baikdaripada mengobati. Semoga bermanfaat.


Baca Juga : Tips Pengusir Jenuh dan Stres Dalam Bekerja

No comments:

Post a Comment