Thursday, December 2, 2010

Tips Melindungi Privasi Pribadi di Ponsel

Tips Melindungi Privasi Pribadi di Ponsel - Ponsel memang menjadi alat yang berhubungan dengan privasi si pemilik, seperti video pribadi, foto-foto, pesan, ataupun data pribadi. Banyak hal yang mungkin membuat celaka gara-gara isi tentang pivasi di ponsel.

Tips Melindungi Privasi Pribadi di Ponsel

Misalnya kita menyimpan data-data penting mengenai data akun facebook atau data bank atau apapun, jika ponsel kita hilang, itu akan menjadi masalah dan mungkin akan mencelakakan kamu.

Agar dapat mengantisipasi hal tersebut, Berikut blog info sajikan beberapa tips untuk melindungi privasi di ponsel.

Melindungi Privasi Pribadi di Ponsel 1. Ingat bahwa ponsel kamu mungkin saja dicuri, atau tertinggal di satu tempat dan seseorang menemukannya. Maka jangan menyimpan informasi sensitif dalam bentuk gambar, pesan, atau data yang berkaitan dengan kamu maupun orang-orang di sekitar kamu. Agar siapa pun tak bisa merugikan atau mencelakakan dengan memanfaatkan maupun menyalah­gunakan informasi yang tersimpan di pon­sel kamu.

2. Hati-hati dengan riwayat panggilan masuk dan keluar. Pada semua semua ponsel, kamu bisa mengakses daftar pang­gilan masuk dan keluar. Tapi, nomor-nomor dalam daftar itu mungkin berkaitan dengan informasi yang kamu ketik pada keypad ponsel, misanya informasi nomor kar­tu kredit. Jadi segeralah menghapus informasi semacam itu setelah melakukan panggilan. Ingat, ada ponsel yang secara otomatis merekam tombol-tombol yang di tekan selama melakukan panggilan. Waspadalah, fitur ini berpotensi mengancam privasi kamu.

3. Apakah kamu benar-benar memerlu­kan alamat semua famili di ponsel ? Bayangkan jika seseorang mencuri ponsel kamu, maka ia akan tahu banyak hal ten­tang famili kamu, termasuk di mana mereka tinggal. Oleh sebab itu, sebaiknya membuat data sederhana saja pada daftar kontak, demi menjaga privasi mereka.

4. Hapus informasi penting dari agenda di ponsel. Banyak ponsel punya fitur kalender elektronik. Jika kamu menyimpan data mengenai agenda pertemuan kamu di sana, pencuri ponsel akan tahu ten­tang rencana-rencana pertemuan kamu. Bukan berarti harus mengenyahkan seluruh informasi dalam kalender elek­tronik, tapi pertimbangkan untuk menjaga informasi yang berkaitan dengan privasi dan penggunaan fitur itu.

5. Jika kamu menggunakan layanan spe­cial text message seperti Paypal Mobile atau MSN Mobile, pastikan kamu sudah mengha­pus riwayat pesan masuk dan pesan terkir­im yang mengandung informasi password maupun informasi pribadi kamu.

6. Sebagian ponsel yang beredar di pasaran menyediakan fitur tracking GPS, yang memungkinkan jam di ponsel berubah secara otomatis jika melaku­kan perjalanan lintas zona waktu. Jika kamu memperhitungkan seseorang mung­kin membuntuti kamu, sebaiknya matikan fitur itu.

7. Buat password pada ponsel, demi mencegah pencuri ponsel mengakses seluruh informasi yang tersim­pan di dalamnya. Mungkin saja si pencuri memecahkan informasi mengenai pass­word kamu, tapi langkah tersebut setidaknya mempersulit orang lain mengakses infor­masi di ponsel kamu.

8. Pastikan seluruh informasi pribadi di ponsel sudah terhapus sebelum kamu jual, menghibahkannya kepada seseorang, atau tak menggunakannya lagi.

Tips melindungi data privasi pribadi pada ponsel di atas, Semoga bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga : Wanita Lebih Cocok Memakai Android Dari Pada iPhone

No comments:

Post a Comment