Friday, November 26, 2010

Gunung Bromo Meletus | Bahayakah ?

Gunung Bromo Meletus | Bahayakah ? - Setelah beberapa hari yang lalu Gunung Merapi Meletus kini berganti Gunung Bromo Meletus. Setelah beberapa hari yang lalu di tetapkan status awas, tepatnya pada tanggal 23 November 2010 , akhirnya pada pukul 17.40, jumat 26 November 2010 Gunung Bromo Meletus dan menyemburkan asap tebal bercampur abu kehitaman hingga mencapai 600 meter.

gunung merapi meletus

Letusan Gunung Bromo bersifat minor dan tidak disertai dentuman, Gempa tremor masih terus terjadi dengan amplitudo rata-rata 15 milimeter.

Berbeda dengan gunung merapi yang mempunyai Karakteristik high volcanic, Gunung Bromo memiliki karakteristik letusan Low volcanic. Jika terjadi letusan Gunung Bromo hanya akan mengeluarkan pasir dan abu dengan kisaran 6 sampai 10 kilometer.

Gunung Bromo juga di bentengi dengan lautan pasir dengan luas 10 kilometer, jadi jika terjadi letusan tidak akan seperti Gunung Merapi, tapi juga harus tetap di waspadai. Yang berbahaya jika adanya semburan berwarna kekuningan, karena kandungan belerang yang sangat banyak, jika terhirup manusia akan berbahaya.

Saat ini wilayah yang telah di sterilkan berjarak 3 kilometer dari Gunung Bromo, termasuk di daerah lautan pasir.

No comments:

Post a Comment